image01

Group Maker, Aplikasi Android Pembuat Kelompok

Ketika sekolah, pernahkah kalian mendapatkan tugas kelompok dari guru kalian? Bagaimana cara kalian membentuk kelompok? Apakah dengan menghitung "1, 2, 3, 4,...." sebanyak jumlah kelompok lalu kalian bergabung dengan teman-teman kalian yang bernomor sama?

Jika jawabannya iya, berarti kita sama. Saya juga melakukan hal itu di sekolah dulu. Namun, jika dipikir-pikir pembuatan kelompok dengan cara berhitung seperti ini tidaklah "adil". Kalian bisa dipastikan tidak akan satu kelompok dengan teman di sebelah-sebelah kalian. Lalu, karena iseng, saya membuat cara lain untuk membuat kelompok yakni dengan menggunakan program. Dengan begini, kelompok dapat dibuat secara otomatis dan tentunya "adil" karena kelompok dibuat secara acak.

Nah, pada kesempatan ini, saya akan membagikan aplikasi yang saya buat tadi yaitu Group Maker. Sesuai namanya, aplikasi ini berguna untuk membuat kelompok secara cepat dan teracak. Kita juga bisa menambahkan nama-nama pesertanya secara manual melalui aplikasi text editor. Berikut beberapa tangkapan layar dari aplikasi ini dan juga hasilnya:


Dibuka melalui MiXplorer (Kode Editor)

Dibuka melalui MiXplorer (Kode Editor)

Split Peserta

Nah satu hal lagi, ketika membuat kelompok, pernahkan hasilnya kurang merata? Seperti contoh pembagian kelompok di atas, kelompok 1 terdiri dari 3 laki-laki 1 perempuan sedangkan kelompok 5 terdiri dari 1 laki-laki dan 3 perempuan. Dengan aplikasi ini, kita bisa membagi rata kelompok sesuai kategori yang kita berikan (dalam hal ini laki-laki dan perempuan). Jadi, bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut.
1. Edit peserta di file Data Peserta.list menjadi berkelompok seperti contoh di bawah ini. Fyi dalam contoh ini saya ingin meratakan pembagian laki-laki dan perempuan. Jika sudah sesuai, simpan file tersebut.

Dibuka melalui MiXplorer (Kode Editor)

2. Buka aplikasi Group Maker, masukkan subjek dan jumlah kelompok seperti biasa. Untuk jumlah peserta, karena kita ingin meratakan pembagian laki-laki dan perempuan, maka di kolom "Jumlah Peserta" kita isikan "10,10". Jangan lupa pilih opsi "Data Peserta"


Kenapa harus diisi "10,10" ? Silahkan lihat penjelasan pada gambar ini

Dibuka melalui MiXplorer (Kode Editor)


3. Klik "OK" dan taraa, hasilnya seperti berikut. Laki-laki dan perempuan telah terbagi rata di setiap kelompok.
Dibuka melalui MiXplorer (Kode Editor)

Jadi begitulah cara melakukan Split Peserta. Cara ini juga berlaku ketika kita ingin mengelompokkan 3 atau lebih kategori, misalkan berdasarkan pintar/tidaknya (rasis XD), punya laptop/tidaknya, dan sebagainya. Intinya adalah dengan menyusun data peserta menjadi sesuai kategori dan menuliskan masing-masing jumlahnya di kolom "Jumlah Peserta". Sangat mudah kan?


Baiklah, sekian penjelasan saya mengenai aplikasi ini. Jika tertarik, kalian bisa mendownloadnya gratis. Sebagai alat tambahan untuk membuka hasilnya, aplikasi yang saya rekomendasikan adalah MiXplorer dan link nya sudah saya sertakan di bawah ini:
Group Maker | Download
MiXplorer | Download


Jangan lupa tinggalkan komentar oke?
Sekian ^_^




4 komentar

Author
avatar

Mantap sekali mas her. Menginspirasi (y)

Balas
Author
avatar
Balas
Author
avatar

Makasih gan. Sangat membantu untuk membagi kelompok

Balas
Author
avatar
Balas